Sabtu, 21 Januari 2017

Mekanisme Pelaksanaan Algoritma oleh Pemroses Notasi Penulisan Algoritma

Mekanisme Pelaksanaan Algoritma oleh Pemroses Notasi Penulisan Algoritma

Komputer sebagai mesin pemroses terdiri dari empat komponen utama, yaitu unit input, unit output, unit pemroses sentral (CPU: Central Processing Unit), dan memori seperti digambarkan pada Gambar 1.3. CPU adalahperangkat keraskomputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor) sering digunakan untuk menyebut CPU. CPU berperan sebagai otak komputer, yang berfungsi mengerjakan operasi-operasi aritmatika seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat dan lebih besar daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui unit input berupa beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunakkomputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik, yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada memori fisikdengan menentukan alamat data yang dikehendaki.Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai sehingga didapatkan hasil yang dapat ditampilkan pada unit output, misalnya dengan menampilkannya di layar monitor.

 

Seperti yang telah diketahui bahwa komputer memerlukan instruksi berupa langkah - langkah perintah sehingga sebuah prosedur dapat dijalankan. Prosedur yang berisi langkah - langkah penyelesaian masalah inilah yang disebut dengan algoritma. Jadi, sebelum memasuki tahap pemrograman komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman,sebaiknya mempelajari algoritma yang merupakan pengantar kepada pemrograman komputer tersebut.

Dalam ilmu komputer,algoritma dikenal dengan langkah-langkah komputasi yang terdiri dari masukan dan keluaran. Karena itu Algoritma biasanya dijadikan dasar atau pengantar bahasa pemrograman dalam studi yang berkecimpung atau berhubungan dengan ilmu komputer, misalnya Teknik Informatika. 

sumber : http://entin.lecturer.pens.ac.id/Logika%20Algoritma/Buku%20Logika%20Algoritma.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar